Pages

Minggu, 16 Oktober 2016

Tugas Softskill PTSC (SISTEM CERDAS)

TUGAS SOFTSKILL KE-1 & 2
MATA KULIAH : Peng.Teknologi Sistem Cerdas





Assalamualaikum Wr.Wb

Dalam rangka tugas kuliah softskill  “Peng. Teknologi Sistem Cerdas # “ .Disini saya akan menjelaskan beberapa materi seperti :

1. APA ITU SISTEM CERDAS ??
2. MEMBERIKAN CONTOH-CONTOH DARI SISTEM CERDAS ??
Pertama saya akan menjabarkan dulu apa itu pengertian dari sistem cerdas/teknologi sistem cerdas.

Apa itu teknologi system cerdas ???

 1.1  Teknologi

           Menurut Wikipedia, Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Tidak banyak teknologi di artikan secara umum, tetapi teknologi itu berpusat untuk membantu dan mempermudah manusia di kehidupan dunia ini.

1.2 SISTEM

                Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu, system itu terdiri juga dari berbagai suatu yang di satukan untuk mencapai tujuan tertentu menurut pandangan saya.  Menurut Wikipedia, Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat, mungkin bingung bagaimana penjabarannya, intinya system itu saling berhubungan untuk tujuan yang sama.


1.3 SISTEM CERDAS

Sistem cerdas, dari definisi system tersendiri dapat dilihat seperti pengertian diatas, lalu apa itu cerdas yang disangkut pautkan dengan system.
            Dalam pencarian di internet system cerdas atau disebut juga kecerdasan buatan, dimana sekumpulan manusia yang memikirkan untuk menemukan sesuatu yang memajukan atau sarana dalam membantu kehidupan sehari hari yang disebut juga sebagai teknologi.
            Menurut Wikipedia sendiri  kecerdasan adalah  : kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah 'Test Kecerdasan'.


1.4
 SEJARAH SISTEM CERDAS
           
Dari hasil yang saya cari, Sistem Cerdas sendiri ini bermula pada awal abad 17 salah satu rumusnya adalah seorang bernama , “René Descartes” yang mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit.Contoh lainnya adalah peristiwa dimana seorang penemu bernama “Blaise Pascal”  yang menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada tahun 1642. 
Secara garis besar, Artificial Intelligent (AI) terbagi ke dalam dua paham pemikiran yaitu AI Konvensional dan Kecerdasan Komputasional (CI, Computational Intelligence)
AI konvensional kebanyakan melibatkan metode-metode yang sekarang diklasifiksikan sebagai pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan analisis statistik. Dikenal juga sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama


1.5 KESIMPULAN

Jadi saya menyimpulkan dari beberapa point yang saya jabarakan diatas adalah :
Sistem Cerdas atau yang biasanya di sebut juga dengan Artificial Intelligent  adalah kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (computer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.Atau dalam pengertian lainya adalah memaksa computer/teknologi berpikir sendiri dan membuat algoritmanya sendiri layaknya manusia pada umumnya. Bermacam-macam bidang yang menggunakan Artificial Intelligent  antara lain Sistem Pakar, Permainan Komputer (games), Logika Fuzzy, Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dan Robotika.

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas
(H. A. Simon [1987]).

Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia”
(Rich and Knight [1991]).

Selanjutnya saya akan memberikan contoh-contoh dari Sistem Cerdas sesuai dengan Point 2 di tulisan saya ini yaitu beberapa contoh tehnologi yang mengunakan system cerdas itu sendiri
Artificial Intelligent

Ada banyak sekali contoh benda yang  menerapan Sistem cerdas pada teknologi computer . saya akan memberikan 3 contoh :

2.1 HANDPHONE (Telepon Seluler/Telepon Gengam)
2.2 ROBOT
2.3 AUTOPILOT
2.4 SISTEM SENSOR PADA MESIN CUCI


2.1 HANDPHONE

            Umat manusia telah dikejutkan dengan sebuah penemuan baru pada masa itu . Seorang penemu bernama  Martin Cooper seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973 telah menciptakan sebuah alat yang berkembang sangat pesat sampai detik ini .Model pertama yang dibuat adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.
            
            Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana cara memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta) harga yang sangat fantatis pada masa itu ,tapi semua itu sebanding dengan manfaatnya yang kita  rasakan sekarang.Sebuah tantangan datang lagi kepada tim Motorola yaitu untuk menciptakan sebuah jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia.
            
          Sehubung dengan banyaknya ilmuan yang bereksperimen dan berinovasi,sekarang handphone sudah berkembang sangat pesat.Tidak seperti dulu,dijaman modern ini hanphone sudah sangat cangih dan bias dibilang sudah sangat tidak masuk akal lagi.




Gambar 1.2 (Motorola DynaTac)
Gambar 1.1 (Vivo X5 Max)          











Gambar 1.1 diatas adalah contoh keberhasilan ilmuan.Handphone ini memiliki desain yang bisa dibilang sangat jauh dari handphone pertama yang diciptan oleh Martin Cooper,Vivo X5 Max ini hanya memiliki ketebalan 4.75 mm dan sudah mendukung fitur 4G LTE,sangat jauh jika kita dibandingkan dengan Gambar 1.2,handphone pertama didunia ini yang memiliki berat hampir satu kilo gram (793.8 g) dan tinggi 25.4 cm(belum termasuk antena) dan hanya bias dipakai untuk telfon hanya 30 menit saja.


2.3 ROBOT
            
                 Menurut Wikipedia ROBOT(robota) adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor.
            
                 Penemu mesin robot pertama dunia adalah ilmuan muslim bernama Al Jazari (1136-1206) menciptakan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang akhirnya diketahui sebagai mesin robot.Al Jazari adalah seorang tokoh besar dalam bagian mekanik dan industri di abad ke-12. Lahir dari Al Jazira, yang berada diantara sisi utara Irak dan timur laut Syiria, tepatnya antara Sungai Tigris dan Efrat. Al-Jazari adalah pakar teknik yang luar biasa di masanya.

Gambar 2.1 

Gambar 2.2 (Robot Titan)
                                      

              Dijaman sekarang ini perkembangan system cerdas yang ada pada robot berkembang sangat pesat ,lihat saja perbandingan Gambar 2.1 dan Gambar 2.2 .Robot Titan pada gambar 2.2 ini adalah robot yang digadang gadang sebagai robot termahal dan tercangih di masa sekarang. Robot Titan dibuat di Cornwall, Inggris oleh Cyberstein Robots Ltd pada tahun 2004 yang hanya bertujuan untuk melihat dan mempelajari emosi dan reaksi manusia dengan memakan biaya
sampai 7 milyar, robot titan ini bisa menyanyi,  menari, bahkan bersendawa dan buang angin.Karna kelebihannya ini robot titan sering di sewa untuk pertunjukan hiburan dan katanya biaya untuk menyewanya untuk tampil sampai 1 milyar . Robot titan ini sendiri mempunyai bentuk fisik seperti layaknya manusia pada umumnya dengan tinggi 2,4 m (7,9 kaki) dan berat mencapai 60 kg.

2.3 AUTOPILOT SYSTEMS

Dalam masa-masa awal transportasi udara, pesawat udara membutuhkan perhatian terus menerus dari seorang pilot agar dapat terbang dengan aman. Hal ini membutuhkan perhatian yang sangat tinggi dari awak pesawat dan mengakibatkan kelelahan. Sistem pilot otomatis diciptakan untuk menjalankan beberapa tugas dari pilot.

Sistem pilot otomatis pertama diciptakan oleh Sperry Corporation tahun 1912. Lawrence Sperry (anak dari penemu ternama Elmer Sperry) mendemonstrasikannya dua tahun kemudian pada 1914 serta membuktikan kredibilitas penemuannya itu dengan menerbangkan sebuah pesawat tanpa disetir olehnya.
            
            AUTOPILOT (Pilot otomatis) menghubungkan indikator ketinggian menggunakan giroskop dan kompas magnetik ke rudder, elevator dan aileron. Sistem pilot otomatis tersebut dapat menerbangkan pesawat secara lurus dan rata menurut arah kompas tanpa campur tangan pilot, sehingga mencakup 80% dari keseluruhan beban kerja pilot dalam penerbangan secara umum. Sistem pilot otomatis lurus-dan-rata ini masih umum sekarang ini, lebih murah dan merupakan jenis pilot otomatis yang paling dipercaya. Sistem tersebut juga memiliki tingkat kesalahan terkecil karena kontrolnya yang tidak rumit.Pada awal 1920-an, tanker Standard Oil J.A Moffet menjadi kapal pertama kali  yang menggunakan Autopilot ini .
Pada tahun 1931, seorang pilot Amerika Wiley Post terbang dengan pesawat Locheed Vega--"Winnie Mae"-- dalam rangka mengelilingi dunia dengan catatan catatan delapan hari 15 jam 5 menit. Post memiliki sebuah navigator yang dinamakannya Harold Gatty untuk membantunya tetap betah dan melawan lelah pada penerbangan bersejarah tersebut. Namun ketika Post menjadi orang pertama yang terbang solo mengelilingi dunia pada tahun 1933, semuanya ia lakukan sendiri tanpa bantuan tenaga orang lain. Dan ternyata rahasia suksesnya atau minimal salah satu rahasia suksesnya sangat sederhana, yaitu autopilot yang mengemudikan pesawat ketika ia beristirahat.



Gambar 3.1

              Pilot automatis atau autopilot merupakan seperangkat peralatan untuk mengendalikan pesawat luar angkasa (spacecraft), pesawat udara (aircraft), kapal laut, misil (peluru kendali), dan kendaraan lain tanpa intervensi tangan manusia secara konstan. Banyak orang beranggapan bahwa autopilot hanya terdapat pada pesawat terbang/pesawat udara sebagaimana yang sering kita dapati dalam setiap pesawat terbang saat ini, namun pada dasarnya prinsip kerjanya adalah sama dimanapun alat ini dipasang.

2.4 SISTEM SENSOR PADA MESIN CUCI


Gambar 4.1(Mesin Cuci Pertama)

Gambar 4.2(Mesin Cuci Modern)
Contoh terakhir pada materi ini adalah Sistem Sensor pada mesin cuci. Mencuci pakaian merupakan budaya tertua dalam sejarah peradaban manusia. Sejak zaman nenek moyang, sandang dikenal untuk menutupi tubuh dan aurat. Saat itu pula, membersihkan pakaian untuk menghilangkan noda dan bau menjadi kebiasaan.

Sebelum ada teknologi mesin pencuci dan pengering, manusia pada masa lalu menggunakan berbagai teknik dan perlengkapan sederhana dalam membersihkan pakaian. Hampir semua bangsa di dunia awalnya mencuci pakaian di sungai yang dilakukan oleh kaum wanita dengan memanfaatkan arus air untuk menghilakan noda dan bau pada pakaian tersebut lalu menjemurnya dibawah sinar matahari .

             Proses mencuci di sungai telah berlangsung ribuan tahun, bahkan masih bisa dijumpai di negara berkembang. Sedangkan peradaban Eropa, selain memanfaatkan bantuan alam, pada abad ke-16 sudah mengenal sabun cuci. Lemak, abu, dan air seni merupakan beberapa bahan utama yang digunakan dalam pembuatan sabun saat itu.

             Pada tahun 1797 mesin cuci berbentuk sebuah papan dan pada pertengahan tahun 1850-an mesin cuci uap komersial ditemukan dan dijual di Inggris dan Amerika Serikat. Perkembangan teknologi mesin cuci di AS lebih menekankan pada pengembangan mesin untuk mencuci di rumah, meskipun mesin untuk layanan binatu komersial yang banyak digunakan pada abad ke-20 dan awal abad ke-19. Mesin cuci rotary telah dipatenkan oleh Hamilton Smith pada tahun 1858. Karena listrik tidak umum tersedia setidaknya sampai tahun 1930 maka beberapa mesin cuci hanya dapat berputar dengan kecepatan rendah dengan menggunakan bahan bakar bensin.Mesin cuci yang ditemukan sebelumnya ini sangat lah berbahaya dan dapat mengahsilkan kecelakaan yang sangat fatal seperti tertariknya rambut pemakai ke mesin cuci,maka dari itu ditarik dan dilarang untuk produksi
Terdapat banyak sensor yang dipakai di mesin cuci seperti contohnya Water Level Sensor

Ada 2 jenis mesin cuci

1.Mesin cuci satu tabung/satu pintu
2.Mesin cuci duda tabung/twin tube

Mesin cuci dua tabung/twin tube adalah mesin cuci yang paling banyak di pakai pada jaman sekarang,dijaman sekarang ini mesin cuci sudah banyak mengunakan teknologi cangih seperti:Pengering pakaian otomatis,pengatur waktu dan kecepatan,DLL.




Sekian isi dari tugas yang saya buat demi menjalankan amanat dan mendapatkan nilai yang maksimal.Mohon maaf bila ada kekurangan atau keliruan dalam isi kalimat diatas.Sekian Terima Kasih.

Wassalamualikum Wr.Wb


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TUGAS SOFTSKILL KE-2
MATA KULIAH : Peng.Teknologi Sistem Cerdas

Assalamualaikum Wr.Wb

Dalam rangka tugas kuliah softskill  “Peng. Teknologi Sistem Cerdas # “ .Disini saya akan menjelaskan beberapa materi seperti :
1.CONTOH ALAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN AI (Artificial Intelligence) ??
2.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI ALAT TERSEBUT ??

Disini saya akan mengabil contoh salah satu alat yang berhubungan dengan  AI .Inovasi terbaru yang belum banyak orang ketahui

“LineFORM: Actuated Curve Interfaces for Display, Interaction, and Constraint


            Perkembangan teknologi di era modern ini berkembang sangat pesat,teori ini dibuktikan oleh 3 orang penemu yang beranama ‘Ken Nakagaki,Sean Follmer,Hiroshi Ishii’,yang bernaung di “MIT Media Lab” yang notabene adalah sebuah Laboratorium interdisiplin yang dimiliki “Massachusetts Institute of Technology”. Laboratorium ini mengkhususkan diri pada proyek konvergensi teknologi, multimedia, dan desain.Mereka Telah menciptakan sebuah teknologi yang dinamakan LineFORM.

LineForm ini sendiri adalah sebuah alat yang terbuat dari Kawat yang lentur dan bekerja sangat fleksibel sehingga dapat mengikuti pola – pola yang dapat diubah sehingga menghasilkan bentuk yang di inginkan oleh user itu sendiri



Pembuatan LineFORM ini sendiri terinspirasi oleh Serpentine Robotic.LineFORM ini secara fisik bisa menampilkan ekspresif dan betuk 2D dan 3D .Bentuk dari alat ini sendiri terlihat seperti ular yang dapat meliuk-liuk sehingga sangat fleksibel mengikuti pola .


Transformasi dari LineFORM



 Desain keseluruhan dari sistem ini terdiri dari tiga bagian: Serangkaian ServoMotors yang terhubung, sebuah Arduino Mega microcontroller untuk mengkontrol motor dan penginderaan, dan Mac OS komputer yang menjalankan aplikasi kustom untuk ditulis dalam pengolahan yang mengontrol LineFORM


-KELEBIHAN LineFORM

Kelebihan dari alat ini adalah dapat usher dapat berinteraksi layaknya  kehidupan sehari-hari seperti menarik,memutar,membuat simpul Dll,dan kita dapat mengekplorasi tehnik tehnik baru dan dapat mengabil dan memanipulasi dari berbagai sudut ,User juga dapat membuat pola-pola unik seperti bentuk Telepon,membuat sebuah garis layaknya sebuah pengaris karna bersifat padat dan fleksibel, dapat membuat bentuk bentuk unik tertentu yang diinginkan user seperti lambang Love/hati,user juga dapat menambahkan sebuah bohlam lampu sehingga menjadikan alat ini seperti lampu belajar.LineFom ini sendiri mengejutkan para pengguna karna dapat bekerja dan berubah bentuk dengan sangat cepat.


-Kekurangan LineForm

Keterbatasan dan jangkauan adalah salah satu  kekurangan dari LineFORM itu sendiri seperti membatasi gerak kinetik tubuh ketika dipakai oleh penguna karna alat ini masih terhubung dengan kabel atau port sehingga hanya bisa dipakai olah user itu sendiri



Sekian review dari LineForm .Terima Kasih 

Assalamualaikum Wr.Wb

#NB: Apologize if there are words that one of this article, I created this article just to complete college assignments.

Tribute to 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar